Pages

Subscribe:

Rabu, 08 Februari 2012

Peristiwa Menyerahnya Jepang Pada Sekutu

Hallo sobat blogfaiqaldiansyah. Ada informasi menarik nih tentang dunia persejarahan khususnya pada zaman jepang menyerahkan kepada sekutu. Berikut info secara singkat:
Dilansir dari Sumber Belajar Kemdikbud RI, diakhir tahun 1943 kedudukan Jepang dalam perang Asia Pasifik dalam keaadan terdesak dan  kekalahan yang dialami dari pasukan Sekutu di beberapa tempat. Dikutip dari History, pada 26 Juli 1945 Sekutu mengeluarkan Deklarasi Potsdam menuntut penyerahan tanpa syarat dari semua angkatan bersenjata Jepang.

Alasan Menyerah....

Pada 28 Juli 1945, Perdana Menteri Jepang Kantaro Suzuki merespons didepan pers bahwa pemerintahnya tidak memperhatikan (pay no attention) ultimatum Sekutu. Presiden Amerika Serikat Harry Truman memerintahkan pengeboman terhadap kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945). Berakibat kelumpuhan kondisi politik dan ekonomi Jepang. Pada 15 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu. Kaisar Hirohito tampil di radio nasional pertama kalinya, mengumumkan Jepang menyerah demi menciptakan perdamaian besar bagi generasi mendatang. Amerika Serikat segera menerima menyerahnya Jepang. Peristiwa ini mengakhiri Perang Dunia II setelah empat tahun pertempuran antara Jepang dan Amerika Serikat.

Upacara Jepang Menyerah Kepada Sekutu...

Dilansir The New Daily, simbol menyerahnya Jepang kepada sekutu secara sakral dilakukan di atas kapal perang USS Missouri di Teluk Tokyo pada 2 September 1945. Upacara  penandatanganan dilakukan di hadapan perwakilan sembilan negara Sekutu. Hanya dalam waktu 23 menit proses itu berlangsung dan langsung disiarkan ke seluruh dunia. Menteri Luar Negeri Jepang Mamoru Shigemitsu menandatangani atas nama pemerintah Jepang. Jenderal Yoshijiro Umezu menandatangani mewakili angkatan bersenjata Jepang. Sedangkan Sekutu diwakili Jenderal Angkatan Darat Douglas MacArthur, selaku Komandan di Pasifik Barat Daya dan Panglima Tertinggi untuk Kekuatan Sekutu. Serta negara-negara yang tergabung dalam Sekutu seperti Belanda, Inggris, Australia, Selandia Baru.





7 komentar:

  1. Blog nya sangat bermanfaat bagi semua orang termasuk aku ,... menambah ilmu ..

    BalasHapus
  2. Terima Kasih telah mengunjungi blog saya,jangan segan-segan untuk mengunjungi. Semoga postingan di blog saya dapat bermanfat

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ??kok yang di pertanyakan blognya.
    terus bagai mana kondisi masyarakat setelah jepang menyerah??

    BalasHapus